Selain Menjadi Bumbu Dapur, Berikut ini 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

- 26 Oktober 2020, 13:13 WIB
Manfaat bawang putih.*
Manfaat bawang putih.* /Pixabay/

AKSARAJABAR - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir ada di setiap makanan, selain memiliki manfaat untuk menambah rasa, bawang putih juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Meski mempunyai efek samping ketika memakan seperti bau mulut dan bau keringat, bawang putih diyakini dapat mengobati berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit jantung.

Hal itu karena kandungan yang ada di dalam bawang putih, satu siung bawang putih mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat mangan, vitamin C, kalsium dan selenium. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, serta asam amino.

Baca Juga: Libur Panjang Tinggal Menghitung Hari, Berikut 6 Tips Bepergian Aman di Tengah Pandemi Covid – 19

Berikut adalah 4 manfaat bawang putih yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

1. Manfaat bawang putih untuk melancarkan saluran pencernaan
Salah satu manfaat bawang putih adalah untuk melancarkan saluran pencernaan, karena, di dalam bawang putih mengandung zat allicin yang memiliki fungsi untuk antibiotik antijamur dan antiparasit atau biasa disebut dengan obat cacingan.
Dari hasil penelitian bahwa kandungan yang ada di dalam bawang putih dapat bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri H.pylori yang ada di dalam lambung.

2. Manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung
Selain memiliki manfaat untuk melancarkan saluran pencernaan , bawang putih yang diyakini dapat mengurangi resiko penyakit jantung, dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung, hal ini karena dilihat dari kandungan bawang putih yang dapat menurunkan kolesterol dan melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Sejarah Tempat, Tokoh dan Bunyi Sumpah Pemuda

3. Manfaat bawang putih untuk menyembuhkan flu ringan
Khasiat bawang putih dipercaya dapat menyembuhkan flu atau pilek, karena bawang putih memiliki khasiat untuk memperkuat sistem kekebalan pada tubuh, penelitian menunjukan bahwa masyarakat yang sering mengkonsumsi bawang putih jarang terkena penyakit flu atau pilek, walaupun terkena penyakit tersebut mereka yang sering mengkonsumsi bawang putih akan lebih cepat proses penyembuhannya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Halaman:

Editor: Yoga Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah