Mengenal Eco Journalism Lebih Dekat: New Normal dan Perilaku Netizen di Mesin Pencari

- 29 Agustus 2023, 21:23 WIB
Suasana Journalist Camp PRMN X Eiger 2023.
Suasana Journalist Camp PRMN X Eiger 2023. /Dok PRMN

Aksara Jabar - Berdasarkan hasil riset yang dirilis Google Indonesia pada tahun 2022 permintaan pengguna internet mencari informasi seputar lingkungan hidup di mesin pencari meningkat tajam dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Kecenderungan tingginya permintaan informasi seputar lingkungan hidup ini tidak bisa terlepas dari situasi pasca Pandemi Covid-19, dimana orang mencari keadaan normal dalam masa new normal.

Hal tersebut disampaikan Deni Yudiawan, jurnalis senior dalam acara Journalist Camp Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Eiger di Sari Ater Campervan, Palasari, Ciater, Kabupaten Subang Kamis, 24 Agustus 2023.

Baca Juga: Empat Jurus Dasar Galih Donikara Meminimalisir Resiko Bahaya Liputan di Alam Bebas

Pandemi telah mengubah semua aspek kehidupan tak terkecuali soal lingkungan hidup, akibatnya orang mulai mencari Identitas diri, termasuk didalamnya menyoal seputar kebutuhan dan keinginan yang sama sekali berubah.

"Setelah pandemi masyarakat mencari identitas, yang saya inginkan yang saya butuhkan apa? jadi keinginan sebelum dan sesudah Pandemi itu beda, berubah,"  jelas Deni.

Pria yang saat ini juha menjabat sebagai dosen di Program Studi Sastra Inggris di Universitas Pasundan (Unpas) Bandung itu, juga menjelaskan bagaimana pasca pandemi ini orang-orang meningkatkan kapasitas skill baru, karena pekerjaan sulit ekonomi tidak stabil.

Seiring mudahnya masyarakat mengakses internet, meningkatkan skill itu dilakukan secara daring mulai dari mengikuti kelas atau kursus online.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Kanker

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah