Empat Jurus Dasar Galih Donikara Meminimalisir Resiko Bahaya Liputan di Alam Bebas

- 29 Agustus 2023, 20:07 WIB
Eiger Service Team Galih Donikara (kiri) menerima cinderamata dari perwakilan PRMN.
Eiger Service Team Galih Donikara (kiri) menerima cinderamata dari perwakilan PRMN. /Dok PRMN

Aksara Jabar -  "Alam itu mengandung bahaya dan kita manusia mengundang bahaya," kata pegiat alam senior di Wanadri, Galih Donikara berpesan saat memberi materi dalam acara Journalist Camp 2023 di Sari Ater Campervan, Kecamatan Ciater Subang, Kamis, 24 Agustus 2023.

Dalam Journalist Camp 2023 yang diinisiasi kerjasama Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan brand outdoor tanah air terkemuka Eiger itu, Galih memaparkan bagaimana persiapan yang perbelakan saat hendak melakukan kegiatan di alam bebas termasuk kegiatan liputan yang dilakukan jurnalis.

Baca Juga: Minum Ini Setiap Pagi Dijamin Ampuh Turunkan Berat Badan

Kegiatan ini diikuti puluhan pemimpin redaksi di ekosistem PRMN yang berada di wilayaha Provinsi Jawa Barat.

Pria yang terlibat dalam Operasi SAR dan Bencana Lombok, Operasi SAR dan Bencana Palu, itu menjelaskan alam mengandung bahaya karena itu kita sebagai manusia tidak boleh mengundang marabahaya saat hendak berkegiatan di alam bebas.

Resiko bahaya ini tentu kata Galih dapat diminimalisir dengan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum melakukan aktifitas.

"Liputan (di alam bebas) resikonya tinggi kalau kita tidak menyiapkannya, karena itu jangan undang bahayanya dengan kecerobohan kita," kata Galih.

Empat Fundamental Skill Dibutuhkan

Dijelaskan Galih ada empat persiapan pertama yang harus dilakukan saat hendak berkegiatam di alam bebas, yaiti meliputi: fitness skill, technical, skill, human skill dan environmental skill.

Fitnes skill, agar siap menjalankan aktivitas di alam bebas seperti liputan bencana atau yang lainnya diperlukam kebugaran tubuh, hal ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki ringan.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah