Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Vaksin Covid-19

- 5 Februari 2021, 13:33 WIB
Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Vaksin Covid-19
Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Vaksin Covid-19 /pexel.com/

AKSARA JABAR - Jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat dari hari ke hari semakin meresahkan masyarakat.

Hingga saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 1 juta dengan kasus meninggal dunia sebanyak 29,998 dan kasus yang sembuh sebanyak 873,000 (mengacu pada data JHU CSSE Covid-19 yang diperbaharui pada 31 Januari 2021) . Tingginya angka positif Covid-19 mendorong pemerintah untuk segera mengambil tindakan nyata, yakni menyediakan vaksin Covid-19 sebanyak-banyaknya untuk menekan jumlah kasus.

Bagi masyarakat yang masih was-was dan belum mengerti seperti apa cara kerja, manfaat, dan efek samping dari vaksin Covid-19, berikut beberapa informasinya:

Baca Juga: Episode Terakhir True Beauty, Gejolak Cinta Terpendam Han Seo Jun

1. Menurut laman resmi Covid19.go.id, vaksin merupakan zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh guna melawan penyakit tertentu, maka vaksin Covid-19 bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar mampu mengenali serta melawan virus terutama virus Covid-19.

2. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vaksin Covid-19 juga bermanfaat untuk menghentikan virus Covid-19 apabila ternyata sudah menjangkit tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang berasal dari sel B dan menghentikan peredaran virus.

3. Perlu diketahui bahwa vaksin Covid-19 memiliki beberapa efek samping, seperti nyeri, iritasi, kemerahan, pembengkakan, nyeri otot, demam, dan kelelahan. Namun efek samping ini normal dialami dan menjadi tanda bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus Covid-19.

4. Beberapa vaksin yang sudah teruji klinis dan diedarkan di indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/ Menkes/ 9860/ 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase (Covid-19) adalah vaksin buatan Bio Farma, Astra Zeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and BioNtech, dan Sinovac Biotech. Enam vaksin ini bisa didapatkan di rumah sakit yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 dengan mengikuti syarat tertentu.

5. Berdasarkan fungsi vaksin Covid-19 ini, masyarakat pun dihimbau untuk segera mendapatkan vaksinasi untuk mencegah tubuh dari kemungkinan terjangkit virus Covid-19. Sedia payung sebelum hujan, pepatah demikian tepat untuk menggambarkan pentingnya mendapatkan vaksinasi untuk mencegah virus Covid-19 yang kapan saja mungkin dapat menjangkit tubuh.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah