Atasi Persolan Sampah, Fakultas Teknik Universitas Subang Turunkan Mobil Mini Dump Truck ke Desa Gempol

- 26 Agustus 2022, 10:33 WIB
KKNM Fakultas Teknik Universitas Subang
KKNM Fakultas Teknik Universitas Subang /Iing Irwansyah/

AKSARA JABAR- Fakultas Teknik Universitas Subang menurunkan mobil mini Dump Truck pengangkut sampah ke di Desa Gempol Kecamatan Pusakanagara, Jumat 26 Agustus 2022.

Hal itu merupakan salah satu upaya bentuk pengabdian masyarakat untuk mengatasi persoalan sampah.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) guna mendukung program penanggulangan sampah di desa tersebut.

Baca Juga: Selama 2 Bulan, Polres Subang Ringkus 18 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba!

Dekan Fakultas Teknik Novandri, ST,MT menjelaskan Mobil mini dump truck ini, hasil inovasi mahasiswa prodi teknik mesin mengubah mobil colt diesel atau kol buntung menjadi mobil pengangkut sampah dan menambahkan sistem hidrolik agar bak bisa terangkat secara otomatis sehingga memudahkan saat menurunkan sampah.

Karya ini sudah memiliki hak paten sehingga apabila masyarakat ataupun instansi butuh, kami bisa memproduksinya.

"Mobil ini hasil inovasi karya mahasiswa dengan menambahkan hidrolik agar bak bisa mengangkat secara otomatis, mobil ini sudah ada hak patennya sehingga kedepan jika ada masyarakat atau instansi yang berminat kami bisa memproduksinya" Ujar Novandri.


Sementara itu, Dosen pembimbing lapangan Asep Awaludin, M.I.Kom menambahkan kegiatan ini sesuai sesuai tema KKNM yaitu pemberdayaan Bumdes.

Kemudian program kerja yang dilaksanakan berupa seminar tentang tata kelola dan peluang usaha bumdes, agar ada kesepahaman antara mahasiswa dan aparat desa serta pengurus Bumdes dalam mengembangkan usaha Bumdes terutama dalam hal penangangan sampah di Desa Gempol.

Baca Juga: Tokoh Pemuda Subang Niko Rinaldo Sebut Berwirausaha Merupakan Partisipasi Generasi Milenial untuk Daerah

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah