8 Perbedaan Mencolok dalam Pelaksanaan Sistem Pendidikan Antara Indonesia dan Jepang

- 22 Februari 2021, 18:13 WIB
Pelajar saat belajar dengan system daring. Istimewa/HO- Diskominfosanditik Sumedang /

 

AKSARA JABAR- Jepang merupakan sebuah negara maju dengan tingkat kedisiplinan tinggi sekaligus kemampuan dalam riset dan pengembangan sebuah teknologi. 

Salah satu penyebab negara Jepang bisa maju seperti saat ini salah satunya yaitu melalui pendidikan. Sistem pendidikan yang berjalan di Jepang berbeda dengan yang di jalankan di Indonesia.

Penasaran kan bagaimana sistem pendidikan di Jepang bisa membentuk sumber daya manusia yang berkemampuan tinggi serta memiliki kedisiplinan yang baik?

Baca Juga: 3 Bentuk Kesulitan Belajar Seorang Pelajar dalam Kegiatan Pembelajaran, Ini Penjelasannya!

Berikut ini perbedaan sistem pendidikan yang dijalankan di Indonesia dan Jepang

1. Murid-murid di Jepang diajarkan untuk berpikir kritis dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sedangkan di Indonesia mulai dari tingkat SD sampai tingkat atas selalu dihadapkan pada hapalan-hapalan

2. Jam belajar di Jepang lebih lama 1 jam, dimulai pukul 08.00 hingga 15.00. Dibandingkan dengan Indonesia yang memulai pembelajaran mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 13.00.

3. Dalam hal kemampuan belajar, di Jepang siswa selalu naik kelas berdasarkan pada hasil ulangan dan hasil belajar mereka. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki kecendurungan individu muridnya sebagai indikator yang dipakai dalam penilaian. 

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X