Apakah Itu Depresi Mayor? Penyebab Bunuh Diri Mahasiswa UGM Tegar Sinar Ramadhan

- 11 Oktober 2022, 10:45 WIB
Ilustrasi seseorang dalam keadaan depresi mayor.
Ilustrasi seseorang dalam keadaan depresi mayor. /Pixabay/Holgers Fotografie

AKSARA JABAR - Jagat Maya sedang dihebohkan dengan kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Mahasiswa UGM yaitu Tegar Sinar Ramadhan. Penyebabnya karena masalah psikologis yang dideritanya yaitu Depresi Mayor.

Diketahui, Tegar Sinar Ramadhan tewas karena melakukan bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 11 hotel di Sleman sekitar pukul 15.30 WIB pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Sementara itu, Humas UGM membenarkan bahwa Tegar Sinar Ramadhan merupakan salah satu mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol UGM).

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

"Bunuh diri, memang ada surat gangguan psikologis korban," ungkap Kapolsek Bulaksumuk Kompol Sumanto melansir dari Antara pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Lalu, Apa itu Depresi Mayor?

Gangguan Depresi Mayor atau Major Depressive Disorder (MDD) merupakan salah satu jenis depresi berat. Penderita MDD cenderung memiliki suasana hati dan perilaku yang tidak normal.

Penderita depresi mayor pada umumnya sangat tertutup serta tidak memiliki hubungan dekat dengan orang lain, korban perceraian, atau perpisahan dengan pasangannya.

Gejala depresi mayor akan terlihat berbeda pada setiap orang. Pada anak-anak atau remaja, gejala yang muncul yaitu penurunan prestasi di sekolah atau sikap-sikap nakal lainnya.

Halaman:

Editor: Andi Permana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah