SBY Angkat Bicara soal Langkah Nasdem Tawari Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan

- 1 September 2023, 20:57 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pernyataan terkait aksi Partai NasDem dan Anies Baswedan.
Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pernyataan terkait aksi Partai NasDem dan Anies Baswedan. /Youtube @Partai Demokrat

AKSARA JABAR- Kabar Partai NasDem tawari Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Cawapres Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dikomentari langsung Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY menilai bahwa langkah tersebut sangat kasar dan tidak patut terutama dalam kaidah moral dan etika politik.

Hal itu disampaikan langsung SBY saat Sidang Majelis Tinggi Demokrat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat 1 September 2023.

Baca Juga: Di Jakarta Tak Lolos Uji Emisi, Polisi Langsung Berikan Sanksi Tilang

Menurut SBY bahwa dunia politik memang penuh strategi, taktik dan siasat. Namun, selama pengalamannya dua kali bertarung pada pemilihan presiden (pilpres), dia tidak pernah menemukan sikap kasar seperti yang dilakukan Partai NasDem dan Anies.

"Saya mengerti, kita semua mengerti, politik itu memang penuh siasat, penuh taktik, dan caranya banyak; tetapi saya tidak menyangka kalau tindakan itu sejauh ini, menurut saya, melebihi batas kepatutan moral dan etika dalam politik. Ya, kasar, kalau bisa menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris it is really ugly," kata SBY saat menyampaikan arahan dalam Sidang Majelis Tinggi Partai Demokrat di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Oleh karena itu, dia pun mengingatkan para pengurus Partai Demokrat agar tidak menempuh cara-cara yang tidak patut, tidak sesuai etika, dan tidak bermoral dalam berpolitik.


SBY juga mengungkapkan percakapannya dengan sejumlah rekan-rekan terdekatnya yang sempat mempertanyakan keputusan Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Perubahan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Gandeng Swasta, Kemenkes Jangkau Pelosok Daerah Beri Pelayanan untuk Penderita Diabetes

"Sebenarnya, beberapa teman sudah mengingatkan saya agak lama, baik dari kalangan kader Demokrat maupun dari luar Demokrat. Begini, Pak SBY benar-benar percaya kepada orang itu, atau kepada orang-orang itu? Saya jawab dengan praduga yang baik, dengan prasangka yang baik, saya percaya. Silakan saja dilihat nanti, yang penting saya sudah mengingatkan," kata SBY menirukan pendapat teman-teman di lingkaran dekatnya.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah