Gandeng Swasta, Kemenkes Jangkau Pelosok Daerah Beri Pelayanan untuk Penderita Diabetes

- 23 Agustus 2023, 12:14 WIB
ILUSTRASI: Diabetes.
ILUSTRASI: Diabetes. /FREEPIK/JComp/

Aksara Jabar - Penderita penyakit diabetes di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dalam kurung tiga tahun terakhir, 10,7 juta jiwa pada 2019 menjadi 19,5 juta jiwa pada 2021.

Tak hanya di wilayah perkotaan, penderita penyakit diabetes juga berada di wilayah pelosok daerah.

Berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Tahun 2020 menunjukkan bahwa hanya sekitar dua juta penderita diabetes yang telah didiagnosis dan mendapatkan penanganan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Terbaru dalam upaya meningkatkan pelayanan penanganan penyakit diabetes pada kelompok masyarakat rentan di daerah terpencil dan sangat terpencil Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng perusahaan swasta.

Baca Juga: Siapa Usulan PJ Bupati Subang? Ketua DPRD: Belum Terima Surat dari Kemendagri

Dalam upaya meningkatkan akses terhadap pelayanan penanganan diabetes bagi kelompok rentan di daerah terpencil dan sangat terpencil di Provinsi Jawa Barat, Kemenkes menjalin kerja sama dengan perusahaan Novo Nordisk.

​​​​​​Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Eva Susanti di Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023 mengemukakan bahwa kerja sama antara sektor publik dan swasta dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat, termasuk dalam penanganan diabetes.

Eva mengatakan bahwa model kemitraan Affordability Project dijalankan oleh pemerintah bersama perusahaan swasta untuk meningkatkan akses masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil terhadap pelayanan penanganan diabetes.

Proyek kemitraan yang mencakup kegiatan edukasi serta pelayanan pemeriksaan dan perawatan pasien diabetes di fasilitas pelayanan kesehatan primer di Jawa Barat tersebut, menurut dia, bisa diadopsi dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang lain.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah