Vaksin Sinovac Tidak Dapat Diberikan Pada Anak-Anak, LIPI Ajak Masyarakat Mengenali Jenis Vaksin Covid-19

- 24 Februari 2021, 19:54 WIB
Vaksin Sinovac tahap pertama saat tiba di Kalbar beberapa waktu yang lalu
Vaksin Sinovac tahap pertama saat tiba di Kalbar beberapa waktu yang lalu /Yapi Ramadhan/Warta Pontianak

AKSARA JABAR- Sejak pendistribusian vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada 13 Januari 2021 lalu, anak-anak tidak menjadi sasaran prioritas sebagai penerima vaksin. Hal itu dikarenakan, vaksin Covid-19 termasuk vaksin Sinovac belum mendapatkan izin emergency use authorization yang diperbolehkan untuk digunakan pada anak-anak.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk pembuatan vaksin memerlukan proses panjang dan waktu yang tidak singkat. Kendati demikian, saat ini telah ada bermacam-macam vaksin untuk Covid-19 yang dapat dibedakan berdasakan molekul atau komponen dari vaksin-vaksin tersebut.

Ada komponen vaksin yang dibuat dengan cara mematikan virus, ada yang menggunakan protein virus, ada yang menggunakan mRNA, serta ada pula vaksin berbasis adenovirus.

Baca Juga: Bocoran Wandavision Episode 8: Buku Misterius Darkhole yang Dipakai Wanda Mengalahkan Sihir Agnes

Dalam tahapan pembuatan vaksin Sinovac, virus Covid-19 dikembangbiakan menggunakan sel Vero yang berasal dari sel ginjal Monyet Hijau. Di dalam sel ini, virus dapat memperbanyak diri hingga virus akan keluar dari sel dan dapat dipanen.

Pada tahapan pemanenan, virus tersebut akan diisolasi dan dimurnikan dari komponen-komponen yang mengganggu sampai akhirnya virus tersebut akan dimatikan salah satunya dengan penggunaan bahan kimia.

Tahapan terakhir, akan dilakukan pemurnian Kembali agar dapa diperoleh bahan vaksin yang akan ditambahkan komponen lain (adjuvan) untuk peningkatan fungsi bahan vaksin.

Peneliti Bioteknologi Kesehatan pada Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Wien Kusharyoto mengatakan, vaksin Sinovac hanya bisa digunakan pada kelompok umur tertentu. Sebab, pada uji klinis tahap 3 di Indonesia, vaksin Sinovac diujikan pada kelompok umur 18 hingga 59 tahun.

Baca Juga: Digempur Disrupsi dan Pandemi, HU Pikiran Rakyat Membuktikan Tetap Layak Menerima Penghargaan Gold Winner

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: LIPI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah