Sejarah Pergerakan MH Thamrin sebagai Cikal Bakal Lahirnya Persija dan PSSI

- 17 Februari 2021, 12:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pendapatnya perihal kritik yang marak dilakukan di wilayah publik secara digital.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pendapatnya perihal kritik yang marak dilakukan di wilayah publik secara digital. /Instagram.com/@aniesbaswedan

AKSARAJABAR- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengulas sepak terjang Muhammad Husni Thamrin, Tokoh Betawi sekaligus Pahlawan Nasional.

Bahkan Muhammad Husni Thamrin atau yang akrab dikenal MH Thamrin merupakan sosok penting yang menjadi cikal bakal lahirnya Persija Jakarta.

Anies mengatakan, 127 tahun yang lalu tepatnya di kawasan yang dulu disebut dengan istilah Weltevreden, Batavia lahir seorang putra bangsa yang kemudian hari dikenal sebagai pribadi yang peduli.

Baca Juga: Dukung Pembangunan Nasional KLHK Terbitkan Izin Pelepasan dan Usaha di Kawasan Hutan Negara untuk Kelapa Sawit

“Pribadi yang selalu terlibat dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia,” ucap Anies melalui postingan Instagramnya @aniesbaswedan pada Selasa, 16 Februari 2021.

MH Thamrin, disebutkan Anies, memiliki peran besar dalam sejarah sepak bola nasional dengan membuat perkumpulan sepak bola Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ).

“Dan membangun stadion sepakbola untuk rakyat di Petojo (Jakarta Pusat) pada 1928. VIJ inilah yang menjadi cikal bakal Persija Jakarta,” terangnya.

Baca Juga: Patroli Menggunakan Perahu Katamaran, Satgas Citarum Harum Sektor 7 Dalami Batas Wilayah dan Langganan Banjir

Saat membuat perkumpulan sepak bola, dia memaparkan, MH Thamrin menggunakan uang pribadinya sebesar 2.000 Gulden untuk mempunyai lapangan sepak bola sendiri dengan standar internasional di masa itu.

Halaman:

Editor: Igun Gunawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah