Ketua DPD NasDem Subang Soroti Pembangunan Pabrik Limbah B3 di Kecamatan Cibogo

- 19 Juli 2022, 10:43 WIB
Ketua DPD NasDem Subang Eep Hidayat.
Ketua DPD NasDem Subang Eep Hidayat. /Andi Permana/Aksara Jabar

AKSARA JABAR - Ketua DPD NasDem Subang Eep Hidayat sosorti pembangunan Pabrik Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Kecamatan Cibogo.

Mang Eep sapaan akrabnya, secara gamblang menyampaikan keresahannya dengan pembangunan Pabrik Limbah B3 di Kabupaten Subang.

"Saya Eep Hidayat mengaku bahwa saya bukan orang baik, tapi masih ada rasa cinta dan sayang terhadap Subang sekalipun tak sebesar cinta para anggota dewan, Bupati/Wabup, para pejabat dan aparatur negara lainnya terhadap Kabupaten Subang," ujarnya, Selasa 19 Juli 2022.

Baca Juga: Realisasi PKB Satu Semester Capai RP77,5 M, Samsat Subang: Masyarakat Antusias Manfaatkan Program Pemutihan

Adapun enam poin yang disoroti secara langsung oleh Mang Eep sebagai berikut:

Pertama, Menolak rencana Kabupaten Subang dijadikan pusat pembuangan limbah beracun (B3) dari mana-mana (dari daerah lain di luar Subang).

Mang Eep mengatakan, sebagaimana telah dikeluarkannya Surat Kesesuaian Ruang oleh Pemkab Subang sebagai salah satu persyaratan pendirian Pabrik Pengelolaan B3 yang hakekatnya Pemkab Subang “menyetujui” Kabupaten Subang dijadikan pusat pembuangan limbah beracun (B3) dari daerah lain yang tempatnya di sekitar kawasan Bendungan Sadawarna yang akan dijadikan pengairan sawah, tambak ikan dan air minum masyarakat, sebelah atas sungai cilamatan dan dekat dengan pemukiman warga.

Kedua, menyatakan keprihatinan karena Pemkab Subang (dinas terkait) saat memberikan Surat Kesesuaian Ruang sama sekali tidak mengetahui rencana jenis limbah beracun apa saja yang akan dibuang dari luar Subang ke tanah Subang, berapa kapasitas tonasenya, dan bagaimana cara penyimpanan dan pengelolaannya.

Ketiga, Berterima kasih kepada Bupati Subang yang akan memerintahkan dinas terkait untuk segera mencabut kembali surat kesesuaian ruang secepatnya.

Halaman:

Editor: Tiara Maulinda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah