Sambut Keinginan Presiden Jokowi, Bupati Subang Siap Dorong BUMDes dan BUMD Jalin Kerjasama dengan BUMN

- 21 Desember 2021, 09:32 WIB
Bupati Subang H. Ruhimat
Bupati Subang H. Ruhimat /Humas Pemkab Subang/

AKSARA JABAR- Bupati Subang Ruhimat siap mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk jalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

Hal itu, dalam menyambut pernyataan Jokowi pada Rakornas BUMDes yang digelar di Jakarta, Senin 20 Desember 2021.

Saat ini pun, BUMDes di Subang sudah dilibatkan dalam pembayaran pajak. BUMDes membuka layanan payment point online bank (PPOB) bekerjasama dengan Bank BJB dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Subang.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Subang, Bahas Raperda Usul Prakarsa Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Subang

Melalui PPOB, masyarakat di desa lebih mudah untuk membayar pajak PBB, kendaraan dan pembayaran online lainnya. Adanya instruksi presiden, akan menjadi penyemangat bagi daerah untuk menggerakkan ekonomi desa.

Sebab masyarakat desa melalui BUMDes bisa terlibat aktif dalam berbagai aktivitas ekonomi yang dijalankan oleh BUMN maupun perusahaan swasta.

"Sejalan dengan pernyataan pak Presiden untuk melibatkan BUMDes dalam pembangunan di Indonesia sampai ke pelosok baik oleh BUMN maupun Swasta, kami menyambut sangat baik dan antusia, karena hal tersebut akan mempercepat pembangunan dan pemerataan kesejahteraan," ujar bupati yang akrab disapa Kang Jimat, Senin.

Baca Juga: Bahas Regulasi BUMD, Komisi 2 DPRD Subang Duduk Bareng dengan Pemda

Dalam Rakornas BUMDes, Presiden Jokowi meminta agar BUMN dan perusahaan swasta melibatkan masyarakat desa. Bahkan Jokowi secara tegas meminta agar masyarakat tidak menjadi penonton.

"Swasta maupun BUMN, baik perkebunan maupun pertambangan, dan lain-lain yang ada di daerah, di desa untuk mengikutkan BUMDes. Jangan yang di desa hanya jadi penonton lalu lalang truk, lalu lalang hasil-hasil perkebunan truk yang gede-gede, libatkan!" tegas Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah