5 Makanan yang Tidak Baik Dipanaskan Kembali, dari Bayam Hingga Gorengan Untuk Kesehatan Tubuh

- 5 Maret 2021, 13:48 WIB
Ilustrasi  5 makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan jika dipanaskan kembali
Ilustrasi 5 makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan jika dipanaskan kembali /Pixcel/

AKSARA JABAR - Jika makanan sudah dingin atau tidak panas lagi, baiknya tidak dipanaskan kembali karena bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kendati merasa sayang pada makanan yang masih tersisa, memanaskannya adalah sebuah tindakan yang tidak baik untuk kesehatan. 

Makanan yang sudah dimasak namun sudah tidak panas lagi, akan tetap enak untuk dimakan dan baik untuk kesehatan jika dikonsumsi, selama disimpin di tempat yang bersih.

Baca Juga: Zamrud Khatulistiwa dan Paru-Paru Dunia Hilang di Indonesia, Ini Spekulasi Mahfud MD tentang Karhutla

Berikut adalah 5 jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan jika dipanaskan kembali:

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh. Menurut World Healthiest Food, bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karetonoid), mangan, folat, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan vitamin C yang sangat baik.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika mengonsumsi bayam. Mulai dari kesehatan mata, mencegah sembelit, mengurangi stres oksidatif, mencegah kanker, hinggga meningkatkan kesehatan jantung.

Namun ada hal yang harus Anda ketahui, bahwa ketika bayam dipanaskan kembali ini akan berbahaya bagi tubuh. Kandungan nitrat yang ada pada bayam akan berubah menjadi senyawa nitrit. Nitrit inilah yang merupakan penyebab kanker.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah