Acara Demi Ibu Pertiwi di GIM Dibatalkan Sepihak: 'Ancaman Serius Demokrasi di Jawa Barat'

- 8 Oktober 2023, 17:10 WIB
Acara Demi Ibu Pertiwi di GIM Dibatalkan Sepihak: 'Ancaman Serius Demokrasi di Jawa Barat'.
Acara Demi Ibu Pertiwi di GIM Dibatalkan Sepihak: 'Ancaman Serius Demokrasi di Jawa Barat'. /Change Indonesia

 

Aksara Jabar - Acara diskusi bertajuk "Demi Ibu Pertiwi: Saatnya Perubahan" yang rencananya akan dilaksanakan Minggu, 8 Oktober 2023 di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung dan dihadiri Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan dibatalkan sepihak oleh oknum yang mengaku pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat

Acara diskusi yang diinisiasi oleh komunitas aktivis pro demokrasi dan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Change Indonesia ini sebelumnya telah mendapat izin tertulis dari UPTD Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat.

Karena telah mendapatkan ijin tertulis, beragam persiapan pun telah dilakukan oleh panitia agar acara berjalan lancar.

Baca Juga: HP Sering Lemot Saat Main Game, Gunakan Tips Ini Agar Tetap Lancar

Namun pada beberapa jam sebelum acara dilaksanakan tepatnya pafa Sabtu, 7 Oktober 2023 malam, sekitar pukul 23.00 salah seorang pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menyampaikan secara lisan kepada panitia bahwa acara diskusi harus dibatalkan.

Menanggapi hal ini, Koordinator Change Indonesia Andreas Marbun menilai kejadian ini menjadi sebuah preseden buruk dalam tatakelola kegiatan acara di ruiang-ruang publik yang dimiliki pemerintah.

"Gedung Indonesia Menggugat, selayaknya sebagai situs bersejarah adalah ruang publik. Dimana Publik bisa melakukan kegiatan, berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat sebagaimana dijamin oleh konstitusi," kata Marbun kepada wartawan Minggu, 8 Oktober 2023.

Pembatalan sepihak ini jelas menyakiti perjuangan para aktivis prodemokrasi, karena pada dasarnya acara-acara diskusi kebangsaan ini telah dijamin oleh konstitusi.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x