Bisa Transaksi Pakai Web3 Wallet, Ini Perbedaan Web3 dengan Web 1.0, dan Web 2.0

- 23 Desember 2023, 10:18 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/Mudassar Iqbal/Pixabay

 

AKSARA JABAR - Kini era Web3 sudah di depan mata! Internet telah mengalami transformasi yang signifikan sejak awalnya muncul di panggung dunia. Dalam perjalanannya, web telah mengalami tiga fase utama: mulai dari era Web 1.0 yang masih sederhana, masuk ke era Web 2.0 yang ditandai maraknya penggunaan media sosial, dan kini ke era terbaru Web 3.0 yang lebih canggih.

Kamu tentu sering mendengar istilah Web3 wallet kan? Lalu apa sih hubungannya Web3 wallet/dompet crypto dengan era Web3? Berikut pembahasannya:

1. Web 1.0: Era Informasi Statis

Web 1.0, sering disebut sebagai "Web Statis", merupakan fase awal internet di mana situs web lebih bersifat statis dan berfungsi sebagai sumber informasi. Pada masa ini, pengguna bertindak sebagai konsumen pasif yang hanya dapat membaca dan mengonsumsi konten tanpa berpartisipasi dalam proses penciptaan. Situs web penuh dengan teks dan gambar statis, dan interaksi pengguna dengan situs tersebut sangat terbatas.

Keunggulan Web 1.0:

  • Situs Informasi: Web 1.0 digunakan terutama untuk menyajikan informasi dan data.
  • Era Awal E-Commerce: Web 1.0 menjadi fondasi untuk awal munculnya e-commerce.

2. Web 2.0: Era Kolaborasi dan Interaktivitas

Web 2.0 menggambarkan pergeseran besar menuju interaktivitas dan kolaborasi. Situs web di era ini tidak hanya menyediakan informasi, tetapi juga memfasilitasi partisipasi aktif pengguna. Situs-situs seperti Wikipedia, YouTube, dan Facebook muncul di era ini, memungkinkan pengguna berbagi, berkolaborasi, dan berinteraksi secara langsung.

Fitur Utama Web 2.0:

  • Sosial dan Kolaboratif: Web 2.0 menciptakan lingkungan yang lebih sosial dan kolaboratif, memungkinkan pengguna untuk berkontribusi pada konten dan berinteraksi satu sama lain.
  • Aplikasi Web: Kemunculan aplikasi web seperti Gmail, Google Maps, dan Blogger menggambarkan pergeseran menuju penggunaan aplikasi berbasis web.

3. Web 3.0: Pemahaman Konteks dan Konektivitas Maksimal

Web 3.0, sering disebut sebagai "Web Semantik", membawa ide konsep internet yang lebih canggih. Ini mewakili visi web di mana mesin dapat memahami konten dengan cara yang lebih mendalam dan kontekstual. Web 3.0 diharapkan membawa konektivitas yang lebih besar, kecerdasan buatan yang lebih baik, dan kemampuan untuk menyajikan informasi secara lebih personal.

Fitur Utama Web 3.0:

  • Konektivitas Maksimal: Web 3.0 diharapkan menyajikan konektifitas yang lebih maksimal antara berbagai layanan dan aplikasi, menciptakan ekosistem internet yang lebih terintegrasi.
  • Semantik dan Kontekstual: Web 3.0 berfokus pada pemahaman kontekstual, memungkinkan mesin untuk memahami arti konten dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan.

Perbedaan Utama

Dalam melihat perbedaan antara Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0, dapat ditemukan beberapa poin kunci yang membedakan setiap fase ini.

a. Partisipasi Pengguna:

  • Web 1.0: Pengguna bersifat pasif, hanya konsumen informasi.
  • Web 2.0: Pengguna dapat berpartisipasi aktif, berbagi konten, dan berkolaborasi.
  • Web 3.0: Menggabungkan partisipasi aktif dengan pemahaman kontekstual yang lebih mendalam.

b. Fungsi Situs Web:

  • Web 1.0: Fokus pada menyajikan informasi statis.
  • Web 2.0: Fokus pada interaktivitas dan kolaborasi.
  • Web 3.0: Pemahaman kontekstual dan konektivitas yang lebih baik.

c. Pemrosesan Informasi:

  • Web 1.0: Teks dan gambar statis.
  • Web 2.0: Peningkatan multimedia, video, dan konten dinamis.
  • Web 3.0: Fokus pada semantik dan pemahaman kontekstual informasi.

Web3 Wallet: Masa Depan Finansial Digital

Dengan berkembangnya teknologi blockchain dan pertumbuhan pesat aset crypto, munculnya Web 3.0 dan konsep dompet Web3 membawa perubahan signifikan dalam cara kita berinteraksi dengan dunia keuangan digital.

Apa Itu Web3 Wallet?

Dompet Web3 adalah dompet crypto yang dikembangkan untuk mendukung ekosistem Web 3.0. Ini tidak hanya menyimpan crypto, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps), meminjamkan aset, dan bahkan berpartisipasi dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Fitur Utama Dompet Web3

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah