Membiasakan Minum Sesuai Adab yang Diajarkan Sang Penyampai Tuntunan Baginda Nabi Muhammad SAW

- 20 Februari 2021, 23:19 WIB
Ilustrasi Minum,
Ilustrasi Minum, /PIXABAY

AKSARA JABAR - Siapa pun orangnya selama hayat dikandung raga sudah pasti membutuhkan air untuk diminum. Sehubungan manusia sangat membutuhkan air minum, maka Rasulullah SAW sebagai Sang penyampai tuntunan turut pula memberikan contoh dalam melaksanakan adegan minum.

Saat kegiatan pokok berupa minum air yang dilakukan seseorang sesuai anjuran dalam pelaksanaannya, selain menyehatkan juga akan berpengaruh pada pahala yang didapat. Hal tersebut disebabkan adanya rasa taat terhadap baginda Nabi Muhammad SAW.

Paling penting, selain taat pada ajaran yang dibawa utusan penutup semua utusan, akhlak tersebut mencerminkan adanya ketaatan terhadap Allah SWT yang maha pengasih lagi penyayang.

Baca Juga: Doa Melindungi Diri dari Godaan Pelakor dan Marabahaya Kehidupan yang Menyengsarakan

Sebab kegiatan meminum air adalah kebutuhan semua orang yang masih hidup, kiranya perlu disampaikan berkaitan dengan cara yang dianjurkan ketika hendak dan sedang melakukan kegiatan meminum air.

Setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan saat hendak minum yang sesuai dengan ajaran agama. Berikut adalah penjelasannya:
1. Niatkan minum yang dilakukan sebagai bentuk penghambaan diri terhadap yang kuasa
2. Mulailah lebih dahulu minum dengan membaca basmallah
3. Upayakan selalu menggunakan tangan kanan
4. Tidak bernafas juga meniup air minum

Baca Juga: Sebagai Sebuah Karya Tulis, Artikel Memiliki Beragam Jenis yang Perlu Diketahui Para Juru Tulis

Keempat hal tersebut merupakan anjuran yang akan berdampak baik jika dilakukan. Selain akan mendapatkan pahala, dampak terhadap kesehatan pun akan dapat dirasakan.

Memulai dengan niat menghambakan diri terhadap yang maha kuasa dalam melakukan minum, menandakan adanya keyakinan yang kuat dalam diri terhadap keberadaan Allah SWT. Dilanjutkan dengan membaca basmallah setelah meniatkan untuk beribadah, menandakan adanya rasa syukur terhadap zat yang maha rahman dan rahim.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: Bulugul Maram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah