5 Tips Mendorong Siswa Agar Berpikir Logis

- 11 September 2023, 15:56 WIB
5 Tips Mendorong Siswa Agar Berpikir Logis
5 Tips Mendorong Siswa Agar Berpikir Logis /pexels.com/Ksenia Chernaya/

AKSARA JABAR - Mengontrol diri agar dapat berpikir logis dan sistematis ini memang tidak sudah namun terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, terutama mendorong siswa untuk berpikir logis dan sistematis dapat dilakukan oleh seorang guru.

Setiap individu haruslah memiliki pola pikir yang bisa membangun, dapat mengatasi permasalahan hidup, serta membantu mereka dalam menghadapi masalah kegagalan, juga dapat membantu menyikapi setiap kejadian yang akan dihadapi di masa depan.

Untuk dapat menghadapi setiap permasalahan dan kondisi dari setiap individu tersebut, haruslah punya kemampuan berpikir logis. Hal ini tentu tidak hanya dialami oleh ayah ataupun ibu namun juga akan dialami siswa dalam proses kegiatan belajar.

Baca Juga: Tips Membuat Es Teler Menggugah Selera, Bisa Untuk Ide Jualan

Dikutip  dari @sekolahdasar_net. Berikut ini tips untuk mendorong siswa agar berpikir logis dan sistematis:

1. Melakukan Hobi Kreatif

Hobi yang kreatif bisa dilakukan siswa misalnya seperti menulis, menggambar, dan membuat musik. Hobi tersebut bisa merangsang otak dan membantu siswa dalam berpikir logis, kritis, dan sistematis.

2. Dorong Siswa untuk Menjelaskan

Strategi pembelajaran untuk meningkatkan skill atau keterampilan berpikir siswa yakni dengan mendorong menjelaskan jawaban atau tindakan mereka. Ajaklah siswa untuk memanfaatkan pengetahuannya.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah