Minggu 11 Desember 2022 Jepang Berhasil Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Menuju Bulan

- 12 Desember 2022, 05:38 WIB
Roket SpaceX Falcon 9, dengan muatan termasuk dua penjelajah bulan dari Jepang dan Uni Emirat Arab, lepas landas dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, AS pada hari Minggu.
Roket SpaceX Falcon 9, dengan muatan termasuk dua penjelajah bulan dari Jepang dan Uni Emirat Arab, lepas landas dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, AS pada hari Minggu. /Nikkei Asia/

AKSARA JABAR - Setelah sempat mengalami penundaan, sebuah perusahaan rintisan ruang angkasa di Jepang berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa dengan tujuan ke Bulan pada Minggu 11 Desember 2022.

Misi HAKUTO-R ispace Inc lepas landas tanpa insiden dari Cape Canaveral, Florida, setelah sempat mengalami dua kali penundaan yang disebabkan pemeriksaan roket SpaceX Falcon 9.

"Saya sangat senang. Setelah penundaan berulang kali, ada baiknya kami melakukan peluncuran yang tepat hari ini," kata Yuriko Takeda seperti dilansir laman Nikkei Asia.

Baca Juga: Jepang, Inggris dan Italia Akan Kembangkan Pesawat Tempur Generasi Terbaru Tahun 2035

Baca Juga: Balai Observasi Gunung Api Hawai Sebut Status Mauna Loa Turun di Bawah Tingkat Waspada

Baca Juga: Siapa Sosok Donald Pandiangan yang Jadi Google Doodle Hari Senin 12 Desember 2022

Bahkan dia mengaku memiliki gambar bendera Amerika saat pendaratan Apollo.

"Saya memiliki gambar bendera Amerika dari pendaratan Apollo, jadi sementara ini baru peluncuran, fakta bahwa itu adalah perusahaan swasta yang pergi ke sana dengan bajak adalah langkah yang sangat berarti," imbuhnya.

Badan antariksa nasional Amerika Serikat, Rusia, dan China telah mencapai pendaratan dalam setengah abad terakhir, tetapi tidak ada perusahaan yang melakukannya.

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Nikkei Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah