Jepang, Inggris dan Italia Akan Kembangkan Pesawat Tempur Generasi Terbaru Tahun 2035

- 12 Desember 2022, 05:24 WIB
Kesan seorang seniman tentang pejuang generasi berikutnya Tempest.
Kesan seorang seniman tentang pejuang generasi berikutnya Tempest. /U.K. Government/

AKSARA JABAR - Jepang, Inggris, dan Italia akan mengembangkan pesawat tempur generasi baru pada tahun 2035.

Ancaman geopolitik di China dan Rusia melatar belakangi tiga negara tersebut melakukan kolaborasi tekonologi untuk mengembangkan dan memproduksi bersama pesawat tempur.

Nikkei Asia dalam artikelnya bahkan menyebutkan jika Tokyo saat ini tengah melakukan proses pelonggarkan aturan untuk ekspor senjata dan berharap pada akhirnya dapat memanfaatkan koneksi yang dimiliki Inggris dan Italia untuk menjual pesawat ke negara lain.

Baca Juga: Balai Observasi Gunung Api Hawai Sebut Status Mauna Loa Turun di Bawah Tingkat Waspada

Baca Juga: Siapa Sosok Donald Pandiangan yang Jadi Google Doodle Hari Senin 12 Desember 2022

Baca Juga: Link Live Streaming Takdir Cinta Yang Kupilih SCTV 11 Desember 2022, Lagi!Jeffry Selamatkan Novia dari Bahaya

Sementara Inggris dan Italia akan menggabungkan rencana mereka yang sudah ada untuk Tempest tempur generasi keenam dengan rencana Jepang untuk mengembangkan penerus pesawat tempur F-2.

"Ini adalah pertama kalinya di era pasca-Perang Dunia II Jepang mengembangkan platform pertahanan utama dengan negara-negara selain AS," dalam artikel yang terbit pada 9 Desember 2022.

Menurut pernyataan para pemimpin bersama kedua negara akan meluncurkan Program Udara Tempur Global, yang mereka gambarkan sebagai upaya ambisius untuk mengembangkan pesawat tempur generasi mendatang.

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Nikkei Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah