Peringatan tentang Dampak El Nino di Jawa Barat dari BMKG

- 23 Mei 2023, 15:32 WIB
Data BMKG mengenai cuaca / bmkg.go.id
Data BMKG mengenai cuaca / bmkg.go.id /

AKSARA JABAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan bahwa wilayah Jawa Barat akan mengalami dampak dari fenomena El Nino pada semester kedua tahun ini.

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Teguh Rahayu, menjelaskan bahwa hasil pengamatan BMKG di area Nino3,4 Samudera Pasifik, serta prediksi dari berbagai badan meteorologi dunia, menunjukkan kemungkinan lebih dari 60 persen terjadinya El Nino di wilayah Kontinen Maritim pada semester kedua tahun 2023.

"Apabila El Nino terjadi, maka wilayah Jawa Barat, termasuk wilayah Bandung Raya, akan terkena dampaknya," ujar Teguh Rahayu kepada wartawan belum lama ini.

Baca Juga: Bareskrim Polri Kembali Jadwalkan Pemanggilan pada Nindy Ayunda, Kaitannya dengan Kasus Dito Mahendra

Selain itu, daerah Bandung Raya juga akan memasuki musim kemarau mulai dari Mei dasarian II hingga Juni dasarian I.

Pengamatan BMKG Bandung menunjukkan adanya penurunan jumlah curah hujan dalam dasarian pada beberapa pos pengamatan curah hujan.

Contohnya, di wilayah Jalan Cemara, Kota Bandung, curah hujan pada Mei dasarian I mencapai 220 mm, sedangkan pada Mei dasarian II hanya 65 mm.

Baca Juga: Siap Diluncurkan Agustus 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung Uji Cobanya Ditingkatkan

Situasi serupa terjadi di wilayah Lembang. Pada Mei dasarian I, curah hujan mencapai 156 mm, sedangkan pada dasarian II hanya 8 mm.***

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah