Berita Subang: 14 Kecamatan Sepakat Ada Pemekaran Kabupaten Subang Utara, Ciasem Jadi Calon Ibu Kota

- 6 Agustus 2022, 16:15 WIB
Suasana musyawarah pembentukan Kabupaten Subang Utara, Jumat 5 Agustus 2022.
Suasana musyawarah pembentukan Kabupaten Subang Utara, Jumat 5 Agustus 2022. /kanda/AKSARA JABAR

AKSARA JABAR - Musyawarah tentang Pemekaran Kabupaten Subang telah sampai pada perumusan nama kabupaten, ibu kota, dan batas wilayah.

Kabupaten Subang Utara telah disepakati menjadi nama calon Daerah Otonomi Baru (DOB), dengan ibu kota di Ciasem, dan Tarum Timur sebagai batas wilayahnya.

Demikian yang disampaikan oleh Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Subang Rahmat Effendi, usai musyawarah dengan perwakilan BPD dari 14 kecamatan bersama Forum Pemekaran Pantura Subang dan APDESI, Jumat 5 Agustus 2022.

 

Menurut Rahmat Effendi, musyawarah desa (musdes) 104 desa persiapan Kabupaten Subang Utara sudah berjalan cukup lama yang kesepakatannya antara Pemda Subang dengan FP2S untuk batas wilayah adalah Sungai Tarum Timur.

Baca Juga: 6 Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Polres Subang

"Dari 104 desa melalui musdes setuju terbentuknya Kabupaten Subang Utara. Awalnya nama kabupaten dan ibu kota, ada yang berbeda, tapi saat diusulkan kepada Mendagri nama kabupaten dan ibu kota harus seragam," ujar Rahmat Effendi

Maka dari itu, lanjut Rahmat, akan dilakukan musdes ulang. Namun, sebelum musdes tersebut, akan diadakan pra musdes untuk menyepakati batas wilayah, nama kabupaten dan ibu kota kabupaten.

"Batas wilayah di Sungai Tarum Timur ke arah utara, sementara nama kabupaten adalah Kabupaten Subang Utara, dan ibu kotanya adalah Ciasem," ucap Rahmat.

Sementara itu, Ketua FP2S Sudi Hartono mengatakan, sudah ada kesepakatan bersama untuk mengisi poin-poin yang harus diisi di dalam surat keputusan bersama antara Bupati Subang dengan DPRD Kabupaten Subang.

Halaman:

Editor: Kanda Yusuf Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah