Cara Membuat Proposal Penelitian Singkat untuk S1, S2, dan S3 dengan Jumlah Kata Terbatas, Perhatikan Ini

- 5 Juni 2022, 22:26 WIB
Ilustrasi- Cara membuat proposal penelitan S1, S2 dan S3
Ilustrasi- Cara membuat proposal penelitan S1, S2 dan S3 /Pixabay/Pixabay/

AKSARA JABAR- Membuat Proposal Penelitian menjadi salah satu sarat untuk menyelesaikan sidang akhir baik untuk S1,S2, ataupun S3. Jika masih bingung untuk memulai mengerjakan, banyak contoh proposal penelitan singkat yang bisa diakses secara online.

Ada banyak pedoman yang bisa kamu ikuti ketika akan membuat Proposal Penelitian. Bisa disarankan oleh dosen, teman, internet, dan intinya mereka yang kompeten.

Mengerjakan Proposal Penelitian bukan hanya sebagai jalan menuju lulus saja, melainkan bagaimana hal itu mampu menjadi tambahan pengetahuan ilmiah.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Tanpa Copas Sesuai Struktur Penulisan, Siapkan Ide dan Referensi !

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan Proposal Penelitian, untuk Sarjana, Magister, dan Doktor.

1. Judul Penelitian - Tuliskan judul penelitian.

2. Latar Belakang - Uraikan secara singkat topik isu yang ingin kamu meneliti dan mengapa signifikan untuk kamu teliti.

3. Perumusan Permasalahan (Statement of Problem) - Uraikan secara singkat apa yang telah kamu ketahui (bisa dari jurnal/lapangan, dll) tentang topik isu tersebut dan diskusikan secara ringkas mengapa masih perlunya kamu meneliti.

Tunjukkan bahwa solusi atas penelitian terdahulu dari orang lain (harus ada) terhadap isu yang telah ada masih belum terselesaikan sepenuhnya sehingga kamu ingin melakukan penelitian. Tambahkan tabel untuk rangkuman riset gap.

4. Pertanyaan/Tujuan Penelitian - Rumuskan tujuan pertanyaan penelitian.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah