Kepala Daerah Tidak Memberi Contoh Baik Selama Pandemi ,Siap- siap Ini Perintah Jokowi ke Mendagri

- 16 November 2020, 21:38 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ingatkan Kepala Daerah Soal Penegakan  Protokol Kesehatan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ingatkan Kepala Daerah Soal Penegakan Protokol Kesehatan /ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/


AKSARAJABAR- Upaya mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan semasa pandemi Covid-19, Presiden Jokow Dodo (Jokowi) mengajak kepala daerah agar menjadi contoh yang baik.

Dalam rapat terbatas, Jokowi meminta kepada Menteri Dalam Negri (Mendagri) ,Tito Karnavian agar menegur kepala daerah yang tidak memberikan contoh baik bagi masyarakatnya.

"Saya juga mita kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengingatkan, kalau perlu menegur, kepala daerah baik gubernur, nupati, maupun wali kota untuk bisa memberikan contoh- contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun,"kata Jokowi dalam rapat terbatas mengenai laporan Komite penanganan Covid-19 seperti dikuutip Aksara Jabar dari Antara, Senin 16 November 2020.

Baca Juga: Polri Copot Jabatan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar

Jokowi pun mengingatkan agar kepala daerah yang telah menerbitkan peraturan daerah mengenai penegakan disiplin protokol kesehatan agar mejalankannya secara konsisten, tegas dan tidak pandang bulu.

Soal penegakan perda tersebut sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Dalam hal ini, tugas pemerintah ialah mengambil tindakan hukum dimana ketegasan aparat mendisiplinkan masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan adalah suatu keharusan," ungkap Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan agar penerapan protkol kesehatan selama pandemi dapat menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Angka- angka yang bagus ini jangan sampai rusak gara- gara kita kehilangan fokus kendali karena tidak berani mengambil tindakan hukum dilapangan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah