Upaya Penuhi Kebutuhan SDM di Masa Depan, Perguruan Tinggi Perlu Kuatkan Teori Dasar

- 20 Februari 2023, 18:44 WIB
Ilustrasi - Upaya Penuhi Kebutuhan SDM di Masa Depan, Perguruan Tinggi Perlu Kuatkan Teori Dasar.
Ilustrasi - Upaya Penuhi Kebutuhan SDM di Masa Depan, Perguruan Tinggi Perlu Kuatkan Teori Dasar. /tangkap layar/Politeknik Medan/

AKSARA JABAR - Pejabat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof Ir Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D menyebut perguruan tinggi harus membekali mahasiswa dengan akademik terutama dalam memperkuat teori dasar demi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan.

"Kebutuhan SDM masa depan itu sangat dinamis, karenanya kita harus memperkuat teori-teori dasar, ilmu-ilmu dasar, sains dasar matematika itu ranahnya perguruan tinggi, memberikan bekal akademik yang kokoh," ujar Nizam dikutip Aksara Jabar dari ANTARA pada Senin, 20 Februari 2023.

Baca Juga: Dosen UII Hilang di Turki, Rektor UII: Ahmad Terdeteksi Masuk Amerika Serikat

Nizam menjelaskan, tujuan dari Kampus Merdeka yaitu untuk menjawab tantangan dunia kerja di masa depan bagi mahasiswa.

"Itulah yang namanya Kampus Merdeka. Di Kampus Merdeka itu adalah cara kita untuk menjawab tantangan dunia kerja di masa depan. Dengan demikian akan lebih fleksibel, adaptif, kreatif dan bisa beragam sekali bidang yang dimasuki oleh lulusan perguruan tinggi," ungkapnya.

Baca Juga: Korban Gempa Turki, 2 Jenazah Asal Indonesia Diterbangkan Pekan Depan

Tak hanya itu, ia menambahkan bahwa Program Bangkit, desain dan kurikulumnya telah disesuaikan dengan permintaan industri.

"Permintaan industri itu apa dan selama ini susah cari talentanya itu kami desain ke dalam program ini. Ini yang mendesain programnya itu teman-teman dari industri, Google bersama Traveloka, GoTo dan yang lain," tuturnya.***

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah