5 Tips untuk Mengecilkan Pori-Pori agar Kulit Bebas Jerawat, Dapat Dilakukan di Rumah dengan Mudah

- 22 November 2022, 12:05 WIB
3 faktor utama penyebab pori-pori tersumbat.
3 faktor utama penyebab pori-pori tersumbat. //Freepik.com/Atlascompany



AKSARA JABAR - Pori-pori besar mungkin tidak akan terlihat jelas oleh orang lain tetapi itu adalah sumber utama penyebab jerawat. Memperkecil ukuran pori dapat membantu mengurangi terjadinya jerawat.

Pori-pori diperlukan agar kulit bisa bernafas. Pori-pori membiarkan kulit mengeluarkan racun dalam bentuk keringat, tetapi pori-pori yang membesar menyebabkan keringat berlebih yang bisa menjadi penyebab terjadinya jerawat.

Selain itu, pori-pori bertambah besar dengan produksi sebum yang berlebihan sebagai akibat dari perubahan hormonal atau perubahan iklim.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, BPBD Sukabumi Catat 681 Rumah Warga Rusak

Baca Juga: Gempa M 5,6 Cianjur, Warga Rasakan Getaran yang Dahysat, Katanya: Gede Banget

Pori-pori juga dapat membesar karena proses penuaan, kerusakan akibat sinar matahari atau gaya hidup yang tidak sehat ketika serat kolagen menurun dan tidak dapat menahan pori secara utuh.

Biasanya untuk mempercepat pengecilan pori, bisa dilakukan melalui perawatan dokter kecantikan dengan metode laser. Akan tetapi, metode tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Lantas, bagaimana tips agar dapat mengecilkan pori-pori agar kulit bebas jerawat?

Baca Juga: Gempa Terkini Magnitudo 5,6 Melanda Barat Daya Cianjur, Terasa hingga Jakarta, Bekasi dan Bogor

Baca Juga: 5 Latihan untuk Mencegah PCOS dengan Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Suplemen Kolagen, Salah Satunya Ampuh untuk Meningkatkan Elastisitas Kulit

Dilansir Aksara Jabar dari Health Shots, berikut lima tips mengecilkan pori-pori:

1. Menjaga kebersihan wajah

Jika seseorang memiliki pori-pori terbuka yang besar di wajah, maka harus menjaga kebersihannya dengan baik. Wajah harus bersih serta tidak ada kotoran atau minyak yang menumpuk di wajah.

Pembersihan kulit dan penghapusan riasan yang tepat akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi jerawat.

2. Gunakan produk dengan asam salisilat

Tips berikutnya yaitu menggunakan produk dengan asam beta hidroksi seperti asam salisilat yang bersifat lipolitik. Asam salisilat berfungsi melarutkan lemak di sebum dan membuka pori-pori, sehingga membantu mengurangi ukuran pori.

3. Retinoid

Produk kulit yang mengandung retinoid baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan karena membantu mengurangi jerawat. Gunakan retinoid 2 atau 3 kali seminggu untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel mati di wajah. Selain itu, jangan gunakan retinoid dan BHA secara bersamaan.

4. Jaga agar kulit tetap terhidrasi

Mengurangi pori-pori yang membesar dapat dengan memberikan hidrasi yang cukup pada kulit. Menghidrasi dan melembabkan dengan pelembab berbasis gel akan mencegah penyumbatan dan pembesaran pori-pori.

5. Gunakan Sunblock atau Tabir Surya

Sunblock atau tabir surya merupakan produk kecantikan yang tidak boleh  digunakan terlalu sering, melainkan gunakan secukupnya untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika sunblock digunakan terlalu banyak, maka dapat menyebabkan banyak kerusakan di wajah. Penggunaan sunblock secukupnya penting untuk mengurangi ukuran pori.

Demikian lima tips agar dapat mengecilkan pori-pori agar kulit bebas jerawat.***

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Healtshots


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah