10 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Mengonsumsi Harus Mengonsumsi Obat

- 22 Februari 2021, 14:20 WIB
Ilustrasi insomnia
Ilustrasi insomnia /Pexels/

AKSARA JABAR- Insomnia adalah gangguan untuk bisa tidur sehingga seseorang akan merasa sulit atau tidak cukup tidur.hal itu berimbas pada terganggunya kondisi fisik seseorang  yang akan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Insomnia banyak menimpa orang dewasa namuntidak menutup kemungkinan anak dibawah umur dapat ikut mengidap insomnia salah satunya karena faktor pembiasaan disiplin waktu yang buruk.

Berdasarkan jenis, insomnia dibagi menjadi dua.

1. Insomnia primer: Insomnia primer berarti seseorang mengalami masalah tidur yang tidak terkait langsung dengan kondisi atau masalah kesehatan lainnya.

2. Insomnia sekunder: Insomnia sekunder berarti seseorang mengalami masalah tidur karena sesuatu yang lain, seperti kondisi kesehatan (seperti asma, depresi, radang sendi, kanker, atau nyeri ulu hati); rasa sakit; obat yang mereka minum; atau zat yang mereka gunakan (seperti alkohol).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Tidak Cukup Akurat, Dinkes Bandung Minta Bantuan Proses Registrasi Para Lansia

Berikut ini 10 cara mengatasi insomnia tanpa harus mengonsumsi obat:

1. Menciptakan pola tidur teratur

Tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari akan memprogram tubuh anda untuk tidur lebih nyenyak. Pilih waktu saat anda mungkin merasa lelah dan mengantuk.

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: NHS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah