Mulai 1 Januari 2021 Tak Semua Smartphone Bisa Akses WhatsApp Sebelum Melakukan Hal Ini

- 30 Desember 2020, 18:33 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp /REUTERS/

AKSARAJABAR - Mulai 1 Januari 2021. Sejumlah perangkat seluler akan kehilangan kemampuan untuk menjalankan aplikasi perpesanan instan yang mendukung enkripsi ujung ke ujung, WhatsApp.

Menurut laporan Gizchina, mulai 1 Januari 2021, WhatsApp akan berhenti berfungsi pada beberapa smartphone yang akan memengaruhi perangkat android dan iOS. Batasan ini akan memengaruhi smartphone Android lama yang menjalankan versi Android di bawah 4.0.3, serta iPhone yang menjalankan versi iOS di bawah 9.

Hal sama terjadi tahun lalu ketika Facebook berhenti mendukung perangkat yang menjalankan iOS 8 dan Android 2.3.7.

Baca Juga: Membanggakan, Info BMKG Menangkan Penghargaan Internasional WMO Award 2020

Agar tidak kehilangan akses ke WhatsApp, pengguna harus memperbarui ponsel cerdas mereka ke versi Android yang lebih baru, atau mungkin membeli perangkat yang lebih baru.

Laman itu juga menyevbutkan bagi pemilik iPhone, ponsel lama Apple mendapat update lebih cepat dan "hidup" lebih lama daripada pesaingnya, Android. Namun, iPhone 4 dan perangkat yang lebih lama tidak lagi mendapat update ke versi iOS yang lebih baru.

Sementara itu, WhatsApp akhirnya mulai menguji coba fitur panggilan suara dan video di web WhatsApp dan aplikasi beta desktop. Aplikasi seluler WhatsApp di Android dan iOS telah memiliki fitur panggilan suara dan video masing-masing sejak 2015 dan 2016.

Baca Juga: Situs Berbagi Video Tumbang Tagar #YouTubeDOWN 10 Menit Tembus 138 Ribu, Ini Tanggapan YouTube

Sejak saat itu popularitasnya meningkat, dan pada awal tahun ini Whatsapp mencapai angka 2 miliar pengguna. Whatsapp menjadi pemimpin dalam aplikasi perpesanan instan dengan pangsa pasar 44 persen, dan di tempat kedua Facebook Messenger dengan 35 persen.

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah