Lanjutan Liga 1 Diundur Januari 2021, RD: Lupakan Liga Musim Ini

- 18 Oktober 2020, 12:56 WIB
Pelatih kepala Madura United, Rahmad Darmawan /Istimewa/

AKSARAJABAR - Sejumlah pelatih dan manajemen klub peserta Liga 1 2020 masih mempertanyakan kepastian kelanjutan Liga 1 2020. Rencana awal sesuai kesepakatan di Yogyakarta, perhelatan kompetisi sepakbola terbesar di Indonesia itu akan dimulai pada 1 November 2020. Namun hingga saat ini izin dari kepolisian belum juga keluar.

Sejumlah wacana pun bermunculan, jika tak jadi dihelat 1 November. Maka Pelaksanaan Liga 1 diundur ke Desember, bahkan ada yang menyebutkan melintas Januari 2020. Menurut Pelatih kepala Madura United, Rahmad Darmawan, dirinya masih mentolerir jika pelaksanaan Liga diundur hingga November.

Namun, lain halnya jika pelaksanaan lanjutan Liga 1 diundur hingga melintas dari tahun 2020. Perlu adanya persiapan matang, dan akan banyak pengorbanan yang luar biasa bagi klub dan pemain.

Baca Juga: Napoli Berhasil Permalukan Atalanta 4-1

"Kalau seperti kemarin masih masuk akal ditunda ke November. Tapi kalau jadinya merembet ke Januari, seperti apa yang saya bilang sebelumnya, kita lupakan saja Liga 1 musim ini," ungkap Rahmad dalam sebuah diskusi webinar seperti dikutip AKSARAJABAR dari GOAL. Minggu, 18 Oktober 2020.

Menurut pelatih yang karib disapa RD yang juga Manajer Madura United itu, jika kompetisi diundur hingga Desember, bisa jadi Liga 1 menggunakan format wilayah seperti 2014. Dengan adanya format semacam itu sebut RD pelaksanaan kompetisi tuntas lebih cepat, agar Liga 1 dapat kelar sebelum Maret 2021.

"Kalau konteksnya melanjutkan kompetisi itu format tidak berubah. Kalau ada satu keputusan bahwa format sama tapi dalam tanda kutip ada perubahan yang tadinya kompetisi penuh menjadi setengah kompetisi, yang artinya satu putaran saja dilaksanakan. Itu nantinya kami akan memahami itu sebagai sebuah kondisi seperti ini memang tidak mudah," jelasnya.

Baca Juga: Lawan Bosnia Herzegovina PSSI Pastikan Witan Masih Perkuat Timnas Indonesia U-19

Bahkan menurut RD pola semacam ini sudah dilakukan disejumlah Negara. "Buat saya yang penting kami bisa terus mengasah kemampuan kami dan terus bersinggungan dengan passion kami. Itu juga termasuk cara kami menjaga imunitas kami," demikian RD. ***

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Goal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X