Jubir Gugus Tugas, Reisa Sebut 4 Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Klaster Keluarga

- 13 Oktober 2020, 02:47 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jumat 18 September 2020. (ANTARA/Biro Pers Istana) /

AKSARAJABAR- Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa menyampaikan 4 Protokol Kesehatan Keluarga pada masa pandemi ini.

Keputusan tersebut merupaka hasil kesepakatan antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), Kementerian Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB)

"Keputusan ini dibuat berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada September lalu," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden, Senin 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini Selasa 13 Oktober 2020 di MNC TV, GTV dan RCTI ada Kungfu Panda:The Legend

Adapun Protokol tersebut, Kata Reisa,Pertama, protokol kesehatan keluarga secara umum. Seperti, cara pemakaian masker dengan benar, cara melindungi anggota keluarga yang rentan atau berisiko tinggi.

Kedua, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar. Jika terjadi, pihak mana yang harus dihubungi untuk mendapatkan pertolongan segera, bagaimana proses karantina, atau isolasi mandirinya.

Ketiga, protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Jadwal TV Indosiar Selasa 13 Oktober 2020, Live Pop Academy: Top 40 Tayang Pukul 20.00 WIB

"Nah ini penting. Cara membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah. Memastikan kita tidak membawa pulang virus masuk ke dalam rumah, dari pakaian ataupun barang-barang bawaan kita," lanjut Reisa.

Keempat, protokol kesehatan di lingkungan sekitar tempat tinggal, ketika ada warga yang terpapar. Bagaimana tanggungjawab sosial sebagai anggota masyarakat, dilingkungan rumah juga penting. Dari mulai menjaga kebersihan lingkungan sampai dengan tidak memberikan stigma negatif kepada tetangga yang terkonfirmasi positif Covid-19. "Mereka (positif) justru yang harus dibantu," katanya.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: setkab


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X