Bupati Garut Siapkan Lahan Relokasi Korban Longsor Karyamekar

- 18 Februari 2021, 08:38 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau kondisi warga yang mengungsi akibat rumahnya terancam bahaya longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (17/2/2021). (AKSARAJABAR/HO-Diskominfo Garut)
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau kondisi warga yang mengungsi akibat rumahnya terancam bahaya longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (17/2/2021). (AKSARAJABAR/HO-Diskominfo Garut) /

AKSARAJABAR – Pemerintah Kabupaten Garut akan merelokasi warga yang terkena bencana tanah longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat.

Menurut Bupati Garut Rudy Gunawan, lahan yang saat ini ditinggali warganya sudah tidak layak lagi digunakan sebagai lahan pemukiman.

"Lokasi yang kami beli itu masih dalam satu RW, luasnya satu hektare. Ini bisa menampung sekitar 50 rumah," kata Bupati Garut Rudy Gunawan. Rabu, 17 Februari 2021.

Baca Juga: Ultah Kim Soo Hyun Fans Beratnya di Indonesia Kirim Hadiah Mi Instan

Untuk hal tersebut lanjutnya, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan anggaran untuk pembelian tanah relokasi maupun biaya pembangunan rumahnya. "Anggarannya ya kami dibuatkan anggaran seefisien dan seefektif mungkin," imbuhnya.

Lanjut dia, Pemkab Garut dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah siap untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat yang terancam bahaya bencana longsor di Cilawu.

Bahkan lanjutnya, kesiapan masyarakat untuk direlokasi pun tak menjadi kendala. “Karena mereka yang rumahnya terancam bahaya bencana longsor setuju untuk direlokasi ke tempat yang aman dari bencana. Masyarakat sudah setuju, tetapi ingin juga di kampung ini,” demikian Rudy Gunawan. ***

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Garut.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah