Psikolog Ungkap Stres Berkepanjangan yang Dialami Anak Dapat Sebabkan Depresi

- 5 Maret 2023, 16:42 WIB
Ilustrasi - Psikolog Ungkap Stres Berkepanjangan Anak Dapat Sebabkan Depresi./Pixabay/
Ilustrasi - Psikolog Ungkap Stres Berkepanjangan Anak Dapat Sebabkan Depresi./Pixabay/ /

AKSARA JABAR - Psikolog Universitas Indonesia Rose Mini Agus Salim menungkapkan bahwa stres yang dialami anak yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi.

"Kalau tidak ada teman atau lingkungan yang bisa membantu dia untuk melakukan sesuatu terhadap masalah dan dia juga tidak bisa menyelesaikan masalah itu, dia bisa saja menjadi stres yang berkepanjangan, bisa depresi," ucap Rose dikutip dari ANTARA pada Minggu, 5 Maret 2023.

Baca Juga: Live Konser NCT Dream Jakarta 2023 Tayang di TV Mana, Apakah akan Tayang di TV? Konser Kedua Digelar Hari Ini

Ia menjelaskan, jika anak mendapatkan masalah yang berat dan tidak bisa meminta bantuan orang sekitarnya, hal tersebut menyebabkan stres kepada anak.

"Kalau masalah yang berat sekali dan dia tidak minta bantuan dan lingkungan, bisa menjadi sesuatu yang berat untuk dia. Stres itu bisa berdampak juga pada anak yang tidak bisa mengatasi masalah, anak-anak itu cenderung melihat apa yang dipikir baik sebagai jalan pintas dari masalah tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Nonton Boys Planet Episode 6, Akses Link Streaming Boys Planet Hypera Live Mnet

Rose menambahkan, depresi anak dapat terlihat melalui perilakunya yang berbeda.

"Melalui perilakunya yang berbeda, kita mulai bisa kemudian menanyakan hal itu. Kadang-kadang anak sudah menceritakan, tapi, kemudian kita mengatakan 'tidak usah dipikirkan' atau 'tidak usah didengar'. Masalahnya, tidak semudah itu bagi seorang anak," jelasnya.***

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah