Tanda Tubuh Perlu Segera Istirahat, Salah Satunya Muncul Rasa Sesak

- 18 Februari 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi - Tanda Tubuh Perlu Segera Istirahat, Salah Satunya Muncul Rasa Sesak.
Ilustrasi - Tanda Tubuh Perlu Segera Istirahat, Salah Satunya Muncul Rasa Sesak. /Andrea Piacquadio/Pexels

AKSARA JABAR - Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Dony Yugo, SpJP dari Pusat Jantung Nasional RS Harapan Kita mengungkapkan beberapa tanda bahwa tubuh perlu segera istirahat.

Adapun beberapa tanda tersebut di antaranya rasa tidak nyaman di dada, sesak, hingga jantung berdebar-debar.

"Kalau mulai sakit dadanya, merasa tidak nyaman di dada lalu nfasnya ngos-ngosan, sesak, jantungnya berdebar-debar, harus waspada bahwa tubuh sudah capek," ujar Dony sebagaimana dikutip Aksara Jabar dari ANTARA pada Jumat, 17 Februari 2023.

Baca Juga: Muncul Tren Kuliner Fusion Food, Ahli Gizi Peringatkan Hal Ini

Tak hanya itu, Dony menegaskan ketika sedang berolahraga dan denyut nadi sudah melebihi batas maka harus segera istirahat.

"Misalnya usianya 40, artinya maksimalnya 180 per menit. Kalau sudah lebih, istirahat, kurangi intensitasnya. Tapi kalau istirahat, normalnya adalah 60 sampai 100 kali per menit," ungkapnya.

Sementara itu, menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr.Dicky Armein Hanafy, SpJP(K) menambahkan bahwa seseorang perlu memahami sinyal tubuh, sehingga tahu kapan harus istirahat.

Baca Juga: Mengenal Mindful Eating, Menjaga Kesehatan Mental Melalui Pola Makan

Dicky mengungkapkan, cara memahami sinyal tubuh dengan melakukan olahraga yang rutin, sheingga seseorang dengan mudah mengetahui tentang kemampuan fisiknya.

Halaman:

Editor: Iing Irwansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah