Waspada! 7 Tanda Mengidap Penyakit Jantung, Salah Satunya Tidur Mendengkur

- 22 November 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi penyakit jantung.
Ilustrasi penyakit jantung. /Pixabay/Pexels



AKSARA JABAR - Sakit penyakit jantung merupakan kondisi jantung yang mencakup pembuluh yang sakit, masalah struktur, dan pembekuan darah.

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, fungsi jantung sebagai pemompa darah yang kaya oksigen dan mengalirkannya ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit jantung dapat dimiliki seseorang karena bawaan atau keturunan genetik dari salah satu atau kedua orangtua.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Memicu Asam Urat, Salah Satunya Ada dari Jenis Sayuran

Baca Juga: Waspada! 5 Kebiasaan Ini yang Dapat Memperlambat Terjadinya Penurunan Berat Badan

Baca Juga: Waspada! 6 Kebiasaan yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung, Tak Hanya karena Makanan Asam

Jika terjadi masalah pada jantung, itu akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani dokter. Maka dari itu, penting untuk mengetahui secara dini tanda bahwa seseorang mengidap penyakit jantung.

Dilansir Aksara Jabar dari WebMD, berikut tujuh tanda seseorang mengidap penyakit jantung:

1. Tidur Mendengkur

Ketika dengkuran dipecah oleh jeda dalam pernapasan, otak mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini akan mengirimkan sinyal ke pembuluh darah dan jantung untuk bekerja lebih keras agar aliran darah tetap berjalan. Ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, stroke, dan gagal jantung.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengecilkan Pori-Pori agar Kulit Bebas Jerawat, Dapat Dilakukan di Rumah dengan Mudah

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, BPBD Sukabumi Catat 681 Rumah Warga Rusak

2. Ruam Benjolan Kuning-Oranye

Tingkat trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit berjerawat di sekitar jari tangan dan kaki. Jika jumlah ruam benjolan tinggi sering dikaitkan dengan kondisi lain yang membuat berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

3. Kekuatan Genggaman Buruk

Penelitian menunjukkan kemampuan menggenggam sesuatu dengan baik dapat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Tetapi meningkatkan kekuatan cengkeraman saja tidak serta merta membuat jantung menjadin lebih sehat.

4. Bintik Gelap di Bawah Kuku

Titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku dapat menunjukkan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis. Titik-titik kecil darah juga bisa mendapatkan bercak darah ini saat menderita diabetes, dan orang dengan kondisi itu dua sampai empat kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Pusing

Sakit kepala ringan seringkali merupakan akibat langsung dari sesuatu yang salah dengan jantung karena tidak memompa cukup darah ke otak. Pusing bisa menjadi gejala ritme abnormal, yang disebut aritmia. Gagal jantung, yang berarti melemahnya otot. Merasa pusing adalah salah satu dari banyak gejala serangan jantung.

6. Masalah Seksual

Beberapa masalah di kamar tidur bisa berarti memiliki penyakit jantung dan risiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke. Pria dengan disfungsi ereksi mungkin memiliki masalah sirkulasi yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi atau penyempitan arteri akibat penumpukan kolesterol.

7. Perubahan Warna Kulit

Jari tangan dan kaki yang biru atau abu-abu bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang kaya oksigen yang buruk, seringkali karena kelainan jantung sejak lahir atau pembuluh darah menyempit atau tersumbat.

Demikian tujuh tanda bahwa seseorang kemungkinan mengidap penyakit jantung.***

Editor: Igun Gunawan

Sumber: Healtshots


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah