Waspadai Lima Penyakit yang Timbul Pasca Banjir

- 22 Februari 2021, 00:43 WIB
Tim SAR Ditpolairud Polda Metro Jaya mengevakuasi warga yang terkena banjir di wilayah Cipinang Melayu serta Cipinang Muara. /PMJ News
Tim SAR Ditpolairud Polda Metro Jaya mengevakuasi warga yang terkena banjir di wilayah Cipinang Melayu serta Cipinang Muara. /PMJ News /

AKSARAJABAR – Fenomena banjir tahunan melanda berbagai daerah termasuk di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain menimbulkan masalah kerugian materi, yang perlu diwaspadai adanya penyakit yang timbul akibat dari genangan air kotor.

Bisa jadi, banjir menjadi tempat bersarangnya nyamuk yang dapat menularkan berbagai penyakit. Serta berbagai penyakit lainnya yang dapat menular melalui air. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mencatat setidaknya ada lima penyakit atau gangguan kesehatan yang patut diwaspadai saat banjir.

  1. Malaria

Malaria adalah penyakit infeksi yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Parasit ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi.

Baca Juga: Terlalu Banyak Konsumsi Gula, Bisa Picu Penuaan Lebih Cepat

Menurut data WHO, pada tahun 1991 gempa bumi dan banjir susulan di wilayah Atlantik Kosta Rika dan banjir di Republik Dominika pada tahun 2004 menyebabkan wabah malaria.

Risiko penyakit dapat dikurangi dengan mencegah gigitan nyamuk melalui penggunaan kelambu dan pengusir serangga, atau melalui tindakan pengendalian nyamuk seperti penyemprotan insektisida dan menguras genangan air.

  1. Demam berdarah

Demam berdarah adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh virus dengue, yang dapat menyebabkan penyakit mirip flu yang parah, terkadang menyebabkan komplikasi yang berpotensi mematikan yang disebut dengue parah.

Virus ini umumnya ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyebaran virus dengue mengakibatkan viremia, yang menunjukkan tingginya tingkat virus dalam aliran darah.

Baca Juga: Kenali 15 Tanda Teman Memiliki Perasaan Pada Anda, Nomor 4 Biasa dan Nomor 5 Mengejutkan

Halaman:

Editor: Igun Gunawan

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah