Berantas Intoleransi yang Sudah Mengakar, DPR Ke Jawa Barat Ingin Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama

- 21 November 2020, 11:49 WIB
TB Ace Hasan Syadzily /Dpr.go.id/

 
AKSARAJABAR- Mantan Direktur Eksekutif The Indonesian Institute (TII) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, TB Ace Hasan Syadzily menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di provinsi Jawa Barat yang seringkali retak gara-gara perilaku intoleransi.

“Hadirnya Komisi VIII DPR RI ini bermaksud meningkatkan sinergi antara program Kementerian Agama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terutama dalam upaya peningkatan kualitas kerukunan antar umat beragama,” kata Ace yang dikutip Aksara Jabar dari Dpr.go.id, Sabtu, 21 November 2020.

Mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengatakan Kakanwil Kemenag Jabar harus bisa bersinergi dengan Pemprov setempat dalam hal bidang keagamaan dan sarana prasarana keagamaan seperti misalnya Asrama Haji, Islamic Centre dan berbagai tempat ibadah lainnya.

Baca Juga: Mendagri Bisa Copot Kepala Daerah, LAWAN Institute Sebut Rezim Bidik Anies dan Ridwan Kamil

Pasalnya, tegas mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat ini, dalam pertemuan terungkap kondisi Kanwil Kemenag Jabar yang sangat tidak representatif.

“Oleh karena itu, Kakanwil akan membuat pusat pelayanan keagamaan Provinsi Jawa Barat di Jatinangor. Tentunya bukan hanya masjid, tetapi juga miniatur dari agama-agama yang existing di Jawa Barat. Nah kami akan memberikan dukungan, tetapi masalahnya pembangunan tersebut tidak bisa didanai dengan APBN jika tanah tersebut belum dimiliki oleh Kementerian Agama,” ujarnya.

Ace menerangkan, Komisi VIII DPR RI berharap dengan adanya Kunjungan Kerja Spesifik ini akan meningkatkan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Karena yang hadir rata- rata semua dari daerah pemilihan Jawa Barat, kami harap ada kepastian tentang dukungan kegiatan keagamaan di Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. ***

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X