Kelola Kekayaan Budaya Daerah Disdikbud Kabupaten Subang Apresiasi Topeng Banjet Rion Putra

- 13 Oktober 2020, 21:28 WIB
Topeng Banjen Rion Putra /Tim Aksarajabar


AKSARAJABAR - Dalam rangka pengelolaan kekayaan budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang gelar apresiasi kesenian daerah "Topeng Banjet Rion Putra" pada Selasa 13 Oktober 2020.

Apresiasi diselenggarakan di Kampung Cibarengkok, Binong, Kabupaten Subang. Kepala Seksi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Ade Intra mengungkapkan jika apresiasi kesenian daerah ini merupakan bagian dari upaya pelestarian serta peningkatan mutu serta kualitas kesenian daerah.

"Kendati harus diapresiasi secara terbatas, karena diselenggarakan pada masa pandemi, namun kami tetap optimal untuk upaya pelestarian dan peningkatan mutu kesenian daerah di Kabupaten Subang," ungkapnya.


Baca Juga: Sambut HUT Ke-54 Dahana Kembali Gelar Pekan CSR Dahana, Salah Satu Rangkaiannya Pengobatan Gratis


Dia juga menyebut bahwa sebenarnya apresiasi tersebut tidak hanya satu jenis kesenian saja, melainkan ada kesenian daerah lainnya yang ada di Kabupaten Subang seperti Genjring Bonyok, Longser, Tarung Waditra, dan yang lainnya.

"Totalnya ada sekitar 13 kesenian daerah yang kami bina" tambahnya.

Untuk diketahui topeng banjet merupakan seni pertunjukan yang serumpun dengan Ronggeng Betawi, Longser, Lenong dan sebagainya, Topeng Banjet ini dapat dimasukkan juga ke dalam bentuk teater tradisional.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Token Gratis PLN di Bulan November 2020 melalui www.pln.co.id dan WA 08122-123-123

Lebih khusus lagi, kesenian Topeng Banjet dapat didefinisikan sebagai seni pertunjukan rakyat yang diawali lawakan atau pelawak (bodor) dengan Topeng Banjet kemudian diteruskan dengan pertunjukan seni drama tradisional.***

Editor: Yoga Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X