Kembangkan Minat Membaca, Subang Menyediakan Aplikasi Simadu Maca dan Motor Baca

- 15 Januari 2023, 12:27 WIB
aplikasi simadu baca dan motor baca untuk kembangkan minat baca warga subang
aplikasi simadu baca dan motor baca untuk kembangkan minat baca warga subang /

AKSARA JABAR - Untuk mengembangkan gemar membaca, Kabupaten Subang terus berusaha untuk memenuhuhi kebutuhan masyarakatnya. Salah satu yang bisa dirasakan yaitu adanya aplikasi Simadu Maca (Sistem Membaca Digital Menuju Masyarakat Cerdas).

Aplikasi Simadu Maca ini merupakan program yang dibuat oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Subang untuk memudahkan masyarakat dalam membaca dimanapun dan kapanpun. Hal ini juga menjadi inovasi terbaru dengan adanya motor baca.

"Biar anak-anak termotivasi, literasi sekarang sudah kurang dari gadget dari game, sekarang kita ada aplikasi karena sekarang era digitalisasi," ujar Jaenudin, S.AN Selaku Dinas Arsip dan Perpusatakaan Daerah Bidang Pembinaan Perpustakaan 2020 kabupaten Subang pada Sabtu 14 Januari 2023.

Baca Juga: Not Pianika Lagu Mixue, Mirip Lagu Tahun 1848

"Mudah-mudahan subang banyak yang download aplikasi ini, sistem baca untuk masyarakat cerdas," tambahnya.

Jaenudin menjelaskan inovasi motor baca ini awal dilaksanakan pada awal Januari 2023 setelah PPKM telah dicabut. Kegiatan dilakukan selama seminggu sekali tepatnya jumat atau sabtu di Gor Pelangi Subang dengan menggunakan motor baca.

Pada kegiatan ini beberapa anak yang antusias membaca terlihat dari sekumpulan anak yang berkumpul tengah membaca dan antri untuk mengambil buku yang disediakan di motor baca. Tidak hanya beberapa anak, namun beberapa orang dewasa juga terlihat sedang membaca buku disekitaran daerah tersebut.

Baca Juga: 25 SMA Terbaik di Kota Bandung, Ada Almamatermu Gak? No 1 Sekolah Swasta

Motor baca ini juga tidak hanya berada di Gor Pelangi Subang, namun setiap senin hingga kamis motor baca akan mengunjungi beberapa SD yang berada di Subang.

Halaman:

Editor: Tiara Maulinda


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x