Tragedi Longsor Sampah di TPA Leuwi Gajah Cimahi, Sebagai Cikal Bakal Peringatan HPSN

- 21 Februari 2021, 11:57 WIB
Peringatan 15 Tahun Longsor Sampah TPA Leuwigajah.* /RIRIN NUR FEBRIANI/PR/

AKSARA JABAR - Tragedi Longsor Sampah di TPA Leuwi Gajah Cimahi tahun 2005 menjadi cikal bakal dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional. Hingga kini peringatan masih tetap berlangsung saat memasuki tanggal 21 Februari.

Adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah. Hari Peduli Sampah Nasional dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Gandeng Tiga Instansi Pemerintahan untuk Atasi Banjir Akibat Luapan Kali Bekasi

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari. Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya.

Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Baca Juga: Hari Peduli Sampah Nasional 2021, KLHK Mengajak Masyarakat Mengelola Sampah Sebagai Alternatif Ekonomi

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.***

Editor: Iing Irwansyah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X